Visa Amerika & Green Card

Tanya Jawab Visa Tunangan Amerika / K1 Visa / Fiance Visa

black and white business career close up

Sebelum munculnya postingan ini, saya pernah menulis sebuah postingan lain tentang pengalaman saya mengurus visa tunangan Amerika (Membuat Visa Tunangan Amerika / K1 Visa / Fiance Visa). Saya senang ternyata postingan-nya bermanfaat dan banyak pembaca yang merasa terbantu. Dari situ juga, akhirnya saya sering menerima beberapa pertanyaan yang masuk di kolom komentar atau email. Seringnya, beberapa pertanyaan itu sama, sehingga saya berinisiatif untuk membuat postingan Q&A visa k1 ini.

FYI, saya bukanlah pengacara / agen / petugas visa, melainkan hanyalah seorang yang pernah mengurus dan mendapatkan visa k1 Amerika, sehingga jawaban yang saya berikan terkait pertanyaan seputar visa k1 hanya bersumber dari pengalaman dan beberapa informasi yang saya dapat di internet.

arizona asphalt beautiful blue sky

Tanya Jawab Seputar Visa Tunangan Amerika  / K1 Visa

Menggunakan jasa pengacara untuk pengurusan visa tunangan amerika (K1)
  • Apakah sebaiknya saya menggunakan jasa pengacara ?

Secara hukum, tidak ada keharusan harus menggunakan jasa pengacara, terlebih jika kamu merasa berkualifikasi untuk visa ini. Jadi, jika dirasa kamu mampu dan punya banyak waktu untuk mempersiapkan dan mengisi semua form dengan benar, sebaiknya kerjakan sendiri saja daripada harus keluar biaya banyak buat bayar pengacara.

But, if money is no object for you atau kamu tidak punya banyak waktu untuk segala persiapan serta ingin setiap proses visanya dibantu oleh standar profesional ahli, sebaiknya gunakan jasa mereka.

  • Apakah pengacara menjamin diterimanya petisi visa yang kita ajukan ?

Nope, i don’t think so. Pengacara akan membantu kita mempersiapkan dan mengisi semua dokumen secara lebih teliti dan profesional, meninjau dan memberi solusi jika ada sesuatu yang bermasalah atau mencurigakan, dan dapat membantu dalam persiapan wawancara. Akan tetapi, mereka tidak bisa menjamin bahwa petisi pasti akan diterima, karena petugas USCIS lah yang berhak memutuskan dalam hal ini.

  • Berapa biaya yang dikeluarkan jika menggunakan jasa pengacara ?

Diluar dari biaya visa petisi k1 ($535), biaya ekstra yang dikeluarkan jika menyewa pengacara adalah kisaran $1000.

Hijab
  • Apakah hijab menghalangi atau mengganggu kelancaran proses visa ?

Berdasarkan pengalaman saya dalam mengurus visa k1 ini, hijab sama sekali tidak menjadi masalah. Tidak pernah ada yang meminta saya untuk membuka hijab, bahkan untuk keperluan foto visa.

Penterjemahan dokumen untuk petisi k1
  • Dokumen apa saja yang perlu diterjemahkan untuk keperluan visa k1 ?

Beberapa dokumen yang perlu diterjemahkan diantaranya : akta lahir (jika belum bilingual), akta perceraian atau akta kematian pasangan (dari pernikahan sebelumnya), surat keterangan pindah agama, dan lain-lain.

  • Bolehkah menterjemahkan sendiri dokumen untuk keperluan visa k1 ?

Tidak boleh ditranslate oleh kita sendiri maupun tunangan.

  • Jasa penterjemah mana yang sebaiknya digunakan ? 

Jika bingung mencari, bisa pilih salah satu dari link ini.

Kalau saya menggunakan jasa ini.

  • Apakah harus menggunakan jasa yang direkomendasikan oleh kedutaan tersebut diatas ?

Saya rasa tidak, bisa pakai jasa penerjemah lainnya selama penerjemah tersebut kompeten dan bersertifikasi. Tidak lupa di akhir terjemahan, harus ada format sertifikasi yang mencakup nama, tanda tangan, alamat, tanggal sertifikasi.

  • Apakah harus translate lagi jika akta lahir sudah bilingual ?

Kalau akta lahir-nya sudah bilingual ya tidak perlu ditranslate lagi

  • Apakah akta lahir yang sudah pernah diterjemahkan memiliki masa kadaluarsa ?

Nope!

Wawancara visa tunangan Amerika
  • Kapan sebaiknya membuat jadwal wawancara visa k1 ke kedutaan ?

Tentunya jika semua dokumen yang dipersyaratkan sudah lengkap dan kita sudah siap untuk menghadapi wawancara (selama dalam batas waktu yang sudah ditentukan).

  • Bagaimana cara membuat/mengatur jadwal wawancara visa ke pihak kedutaan ?

Mengirim email ke JakIV@state.gov  dengan mengisi subject : “request for an interview date”. Lalu isi email dengan menyertakan nama dan nomor kasus.

  • Apa yang harus dilakukan jika lemah dalam bahasa inggris saat wawancara visa k1 ?

Jika merasa tidak nyaman dan takut salah-salah diwawancarai pakai bahasa inggris, tidak ada salahnya minta ke petugas untuk wawancara pakai bahasa Indonesia (untuk kasus dimana kamu dan tunangan biasa berkomunikasi pakai Bahasa Indonesia).

Tetapi, jika Bahasa Inggris adalah bahasa yang selalu digunakan saat berkomunikasi dengan tunangan, sebaiknya hindari mengatakan ke petugas bahwa kamu lemah dalam bahasa Inggris karena dapat membuat petugas curiga tentang hubungan kamu (gimana mau berhubungan kalau komunikasi tidak lancar?)

Saran saya adalah latihan. Pelajari pertanyaan apa saja yang mungkin ditanyakan dan persiapkan jawaban kita dalam bahasa Inggris.

Pembayaran visa tunangan Amerika
  • Kapan pembayaran visa di bank dilakukan, apakah di hari yang sama dengan wawancara ?

Bukti pembayaran adalah syarat yang dibawa saat wawancara, jadi sebaiknya dibayar sebelum wawancara.

  • Bagaimana cara pembayaran visa ?

Informasi lengkap ada disini : klik

Yang saya lakukan adalah pergi ke bank CIMB niaga dengan membawa sejumlah uang dan deposit slip yang berisi virtual account number unik yang cukup diprint sekali. Sisanya serahkan ke petugas untuk diproses dan dibayar ke Bank of America.

Affidavit of Support
  • Minimal gaji yang dimiliki untuk memenuhi syarat sebagai sponsor visa k1 ?

Bisa dicek langsung di dua link ini : link 1atau link 2

Bukti-Bukti Hubungan
  • Apakah foto-foto hubungan harus dicetak banyak ?

Seperlunya saja yang kira-kira bisa membuat petugas yakin bahwa hubungan itu memang nyata dan benar. Biar hemat bisa digabungkan beberapa foto dalam satu lembar atau kalau mau cantik dimasukkan ke foto album.

  • Bagaimana dengan bukti percakapan di whatsapp atau email ?

Bisa di print arsip percakapannya atau di screenshot bagian yang dirasa penting.

Lain-lain
  • Apakah jika belum pernah ke luar negeri sebelumnya akan mempengaruhi proses penerimaan / penolakan visa ?

Kayanya nggak deh, soalnya saya juga dulu belum pernah keluar negeri sebelum visa k1.

♥♥♥

Mungkin segitu dulu tanya jawab tentang visa tunangan Amerika-nya ya. Saya akan update terus postingan ini jika ada yang baru.

So, make sure u follow this blog so u won’t miss the update and please give it a “like” if u find this post useful. Thanks

Kembali ke halaman utama : Home

14 thoughts on “Tanya Jawab Visa Tunangan Amerika / K1 Visa / Fiance Visa

      1. Hi Havita,
        Kalau kita pernah tingal di luar negeri dan sekarang sudah balik ke Indo, apakah tetap diperlukan SKCK dari indonesia.. ?

        Terima kasih sebelumnya,

        Like

  1. Hi Havita,

    Blog kamu bantu banget untuk saya dan tunangan yang lagi persiapan petisi K1, ohya Vita sempat buat Prenuptial Agreement di Indonesia? Karena saya kepikir untuk buat dan saat ini masih cari info.

    Thanks,
    Mila

    Like

  2. Pagi kak saya vina. Saya rencana ingin menikah dengan warga negara amerika. Rencana kami adalah pacar mendaftaran fiance visa untuk saya. Kemudian saat fiance visa di terima, pasangan saya akan datang ke Indonesia untuk menikah dengan saya.
    Disini saya bingung. Saya tidak bisa mendaftarkan pernikahan sah secara hukum di Indonesia karena visa yg kami ajukan adalah visa tunangan. Karena visa tersebut alternatif tercepat agar saya bisa segera ke amerika dibandingkan spouse visa. Nah otomatis saya akan nikah siri. Apakah saya perlu mendaftarkan pernikahan saya di amerika nanti (pernikahan legal amerika)?
    Apakah lembaga yang menyelanggarakan pernikahan legal di amerika memerlukan surat pengantar dan dokumen lainnya dari pihak wni?
    Kk disini waktu nikah secara amerika.. dokumennya apa aja?

    Like

    1. Hi Vina,
      Jika kamu berniat mau memakai visa tunangan, maka saat nanti sdh di usa maka pernikahan kamu diusa akan otomatis terdaftar disini. Setelah itu baru kamu laporkan ke kjri setempat untuk baru nanti pas ke indonesia didaftarkan ke catatan sipil.
      Nikah di usa ga ribet, ga ada pengantar apapun. Cukup dtg ke town hall terus bilang mau nikah. Nanti syartnya dikasih tau yg dimana klo ga salah cuma paspor n akta lahir

      Like

Leave a comment