Seluk Beluk Amerika

Seperti Apa Kehidupan di Amerika itu ?

close up photo of people holding usa flaglets

Hello ∼∼∼∼

Saya tahu kenapa kamu nyasar ke blog ini, kemungkinan karena kamu sedang mencari informasi  tentang “seperti apa kehidupan di Amerika?”, “pengalaman tinggal di Amerika”, dan segala hal lainnya yang berkaitan dengan Amerika. Well, jika memang begitu adanya, saya ucapkan “welcome dan salam kenal!”. Jangan sungkan untuk menelusuri dan membaca postingan ini. Siapa tahu bisa menjawab rasa ke-pe-na-sa-ran-mu. Enjoy!

MUSIM dan CUACA di AMERIKA

Perlu kalian ketahui bahwa USA adalah negara yang sangat luas, sehingga cuacanya bervariasi sesuai dengan musim dan lokasinya. Misalnya untuk di wilayah Northeast (New York, Connecticut, dll), di musim panas suhunya bervariasi dari sejuk, hangat, panas, dan lembab, sedangkan musim dinginnya bersalju dengan suhu yang secara teratur dibawah 0°C. Sedangkan untuk di wilayah West (California, Hawai, dll) relatif ke iklim mediterania dengan musim panas yang kering dan musim dingin yang sejuk [*].

Bagi kalian yang ingin mengetahui lebih jauh tentang musim dingin dan jadwal empat musim di Amerika, silahkan : “klik Ini” dan kunjungi “link Ini” untuk mengetahui pengaruhnya terhadap situasi dan kebiasaan di Ameriksa : baik itu terhadap durasi siang dan malam, keuangan, penyakit hingga ke aktivitas masyarakatnya.

BAHASA di AMERIKA

Sama seperti di Indonesia yang mempunyai banyak bahasa (berbagai bahasa daerah dan dipersatukan dengan bahasa Indonesia), Amerika juga merupakan negara dengan beragam bahasa dimana Bahasa Inggris (English) sebagai bahasa utamanya disusul dengan bahasa popular kedua yaitu Spanish. Menurut wikipedia, bahasa Tagalog, Vietnamese, Chinese juga cukup banyak digunakan terutama oleh para Imigran. Bahasa-bahasa lain seperti : Hindi, Japanese, French, dll, juga digunakan oleh sebagian penduduk lainnya dalam percakapan sehari-hari.

Berbicara mengenai bahasa, awal-awal berada di Amerika, jujur saja saya sangat takut saat harus dihadapkan untuk berbicara dengan orang bule. Saya takut bahasa Inggris saya salah atau aneh. Tapi lama-lama saya mulai memberanikan diri (misalnya memesan makanan sendiri tanpa harus dipesankan oleh suami).

Artikel terkait : Pengalaman Saya Berbahasa Inggris

RAS di AMERIKA

Ras di Amerika didominasi oleh orang kulit putih (white American) disusul oleh ras black /African American. Beberapa ras lainnya yang juga berkecimpung di USA adalah Hispanic, Latino, dan Asian.

AGAMA di AMERIKA

Agama juga merupakan sumber keberagaman yang ada di Amerika. Secara statistik tahun 2016, agama di Amerika didominasi oleh Protestan (48,9%) dan Katolik (23%). Sedangkan untuk penganut islam yaitu hanya 0,8% [*].

Muslim di Amerika : agama islam memang agama minoritas disini. Itulah salah satu alasan kenapa akses ke mesjid tidak seperti di Indonesia dimana setiap RT bisa ditemukan mesjid. Misalnya dari rumah kami, mesjid terdekat harus ditempuh dengan mobil sekitar 20 menit. Membuat saya rindu dengan suara adzan. Makanya kami sangat bergantung dengan aplikasi jadwal sholat di HP.

Tantangan menjadi wanita muslim berhijab di Amerika : Dua tahun berada disini Alhamdulillah tidak pernah saya mengalamali pengalaman yang aneh-aneh dengan keadaan dimana saya memakai hijab. Kadang-kadang saya memang menemukan bagaimana sebagian orang memandang aneh dengan hijab yang dipakai, tapi bagi saya itu bukanlah suatu masalah. Tantangan lainnya yaitu harus lebih selektif dalam membeli makanan (Perjuangan Mencari Makanan Halal di Luar Negeri) dan kesulitan menemukan salon yang ramah muslimah.

MAKANAN di AMERIKA

Jika berbicara mengenai American food, makanan apa yang ada di benak kalian? Hamburger, Hot Dog, KFC ? Mungkin ada benarnya bahwa beberapa makanan tersebut identik dengan Amerika. Tetapi jika menilik ke sejarah, ternyata hidangan masakan yang populer di Amerika sebagian besar dipengaruhi dan diadopsi dari makanan negara lain. Sebagai contoh adalah pizza, walaupun kita tahu bahwa pizza berasal dari Italia, tetapi disini kita bisa sangat mudah menemukan restoran Italia atau tempat penjual pizza (sudah seperti ketemu warteg di Indonesia). Begitu juga dengan restoran makanan Meksiko, Cina, Jepang, Thailand yang tersebar di banyak tempat.

Lantas, apakah Amerika memiliki makanan khas ? jawabannya tentu saja. Diantaranya adalah apple pie, clam chowder, peanut butter dan jelly sandwich, dll.

Artikel terkait : Menu Sarapan Orang Amerika Yang Praktis Anti Ribet

Beberapa hal unik tentang hidangan makanan & minuman di Amerika :

  1. Kebanyakan restoran Amerika menyediakan hidangan dengan porsi yang jumbo!
  2. Tetapi untungnya bukan hal yang aneh jika ingin membawa pulang makanan yang tidak habis (sekalipun di restoran berbintang).
  3. Jarang disediakan sendok (kecuali untuk soup), umumnya hanya ada garfu dan pisau. Walaupun menunya ada nasi, biasanya tetap pakai garfu.
  4. Di restoran cepat saji, bisa dengan bebas mengisi ulang minuman soda.

Makanan Indonesia di Amerika. Untuk restoran Indonesia masih sangat jarang ditemukan di Amerika, kecuali kalau  ke kota besar. Sehingga bagi masyarakat Indonesia yang kangen dengan makanan Indonesia, mau tidak mau harus belajar bikin sendiri. Alternatif lain bisa memesan ke sesama orang Indonesia atau ke komunitas Indonesia. Untuk bahan makanan, banyak bahan yang bisa ditemukan di toko-toko Asia atau bisa juga memesan di toko Indonesia online.

BUDAYA TIPPING di AMERIKA

Idealnya, memberikan tip kepada sebuah pelayanan itu kan apabila pelayanannya bagus. Tidak halnya di Amerika. Memberikan tip merupakan hal yang sangat umum dilakukan, walaupun bisa jadi kita mendapat pelayanan yang biasa saja.

Bisa dibilang bahwa tidak ada kewajiban atau keharusan bagi kita untuk memberikan tips (terlebih jika mendapat pelayanan buruk). Tetapi dalam kebanyakan kasus, jika tidak ingin dipandang aneh, sebaiknya selalu bersiap dan menyadari bahwa dalam mendapatkan beberapa pelayanan kita akan mengeluarkan dana ekstra 15-20% untuk tips. Beberapa jenis pelayanan yang umumnya berkaitan dengan tips adalah : pelayan restoran (yang ada pelayannya, bukan resto cepat saji), penata rambut di salon, supir taksi, porter dan cleaning service di hotel, serta bar.

KEHIDUPAN BERTETANGGA di AMERIKA

Saya merasakan bahwa kehidupan bertetangga di Amerika sangatlah berbeda dengan yang saya alami di Indonesia, dimana antar tetangga saling mengenal dan bercengkerama lebih akrab satu sama lain (bahkan dari posisi rumah ujung ke ujung lainnya terkadang masih saling kenal nama, silsilah anggota keluarga, serta tempat dimana tetangga bersekolah atau bekerja.

Selama dua tahun kami tinggal dikomplek ini, hanya beberapa tetangga yang kami tahu. “Tahu” disini dalam artian hanya sebatas mengenal nama saja. Bertegur sapa pun hanya sesekali jika kebetulan berpapasan. Kalaupun ada kesempatan ngobrol, biasanya hanya membicarak topik-topik umum seperti cuaca. Bukan yang sifatnya “kepo” dengan pertanyaan yang pribadi (misalnya “kapan nikah?”, kapan punya anak?”).

Bukan karena tetangga di Amerika tidak ramah, tetapi kemungkinan situasi seperti ini terjadi karena dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti :

  1. Musim dingin (membuat kebanyakan orang jarang beraktivitas di luar rumah).
  2. Jarak antar rumah tidak bermepetan (kebanyakan orang memilih rumah yang memiliki privasi dari tetangga).
  3. Orang-orang lebih memilih menghabiskan waktu dirumah dengan bermedia sosial, nonton film, internetan, atau bermain game.

KETERTIBAN di AMERIKA

  1. Siapa coba yang suka antri ? Ngga ada! termasuk orang Amerika. Tetapi orang Amerika cukup disiplin dengan masalah ini, tidak pernah saya menemui orang yang antri saling dorong atau melewati antrian didepannya.
  2. Menggunakan sabuk pengaman bagi pengemudi dan penumpang sudah menjadi kebiasaan lazim. Begitu juga dengan cara mereka mengemudi, mayoritasnya sangat tertib dalam berkendara. Tapi yang masih menjadi kebingungan bagi saya adalah polisi yang tidak menilang pengendara motor yang tidak memakai helm. Ada yang bisa bantu jawab ?
  3. Walaupun nothing is perfect tentang masalah kebersihan, termasuk di Amerika. Tetapi saya cukup terkesan dengan jarangnya saya menemukan sampah yang berserakan. Masyarakat sudah sangat sadar tentang pentingnya membuang sampah sesuai tempatnya, bahkan di tempat keramaian sekalipun.

TAX RETURN di AMERIKA

Batas akhir pelaporan pajak di Amerika adalah di minggu kedua bulan April setiap tahunnya. Pengurusannya bisa dilakukan sendiri secara online melalui website tertentu atau menggunakan jasa tax konsultan.

Pengetahuan saya tentang pajak itu bisa dibilang mungkin hanya 1%. Sepengetahuan saya yang namanya pajak berarti kita harus membayar. Menariknya, dalam urusan pajak di Amerika ada dua kemungkinan yang bisa terjadi saat kita melakukan pelaporan, yaitu membayar kekurangan pajak atau mendapat uang kembali atas kelebihan bayar pajak (tax return/tax refund).

SISTEM KESEHATAN di AMERIKA

Satu hal yang saya rasakan “payah” dari Amerika adalah sistem kesehatannya. Biaya kesehatan di Amerika itu mahal, terlalu mahal mungkin bagi sebagian orang. Diperparah dengan sistem jaminan kesehatannya yang hingga sekarang masih menjadi isu hangat yang dibicarakan dan diupayakan solusinya oleh orang-orang, termasuk di ranah politik.

OLAHRAGA POPULER di AMERIKA

Beberapa olaharaga populer di kalangan masyarakat Amerika adalah (*) :

  • American Football
  • Baseball
  • Basketball
  • Ice Hockey
  • Tennis
  • Golf

ADAB BERTAMU di AMERIKA

Secara umum, orang Amerika selalu membuat janji jika ingin bertemu (baik untuk bertamu atau mengundang tamu). Jika diundang untuk bertamu, penting untuk memberikan kepastian jawaban beberapa hari sebelum undangan diadakan apakah kita bisa datang atau tidak. Begitu juga saat kita ingin bertamu ke rumah seseorang (tanpa ada undangan), misalnya iseng mau mampir, sebaiknya dihindari karena bukan kebiasaan yang berlaku disini.

Saat bertamu, jangan heran jika tiba-tiba pemilik rumah mengajak kita home tour ke seluruh area rumah. Memang kedengarannya agak aneh bagi budaya di Indonesia dimana biasanya tamu hanya dipersilahkan terbatas di area ruang tamu saja. Sopannya, sebaiknya menerima ajakan home tour itu secara antusias. Mereka senang memamerkan rumah mereka apalagi jika sudah habis banyak buat renovasi dan dekorasi.

♥♥♥

Itulah beberapa hal yang bisa saya bagikan tentang kehidupan di Amerika. Walaupun mungkin tidak semua hal saya tulis disini tetapi semoga bisa bermanfaat bagi pembaca.

Sekian

 

Kembali ke halaman utama : Home


Artikel terkait :

Leave a comment